SEJARAH TIMAH

PRASASTI KOTA KAPUR

Prasasti ini didirikan pada masa Sriwijaya di Kota Kapur, yang pada masa itu dikenal dengan nama Mukha Asin atau dalam bahasa Cina disebut Mo-mo-hsin. Tugu prasasti yang asli sekarang tersimpan di Museum Pusat Jakarta.

Tugu Prasasti ini dibuat dari batu pasir, yang diperkirakan diambil dari bukit besar,Penagan, di arah selatan Museum Timah. Prasasti ini adalah prasasti persumpahan yaitu prasasti yang berisikan ancaman bagi mereka yang menentang Sriwijaya.

EKSPOLRASI TIMAH DI INDONESIA

Eksplorasi bijih timah dengan pemboran telah dilakukan sekurangnya awal abad 18 sejak itu teknologi pemborantimah berkembang baik peralatan maupun metodanya.

CIAM

Pemboran pada mulanya dilakukan dengan alat bor tusuk yang diperkenalkan oleh pendatang Cina di awal abad 18.Orang Cina menamakannya Ciam yang berarti ujung runcing sedangkan orang Belanda menamakanya Chinese Stick. Ciam adalah sebuah tongkat yang terbuat dari tembaga. Diujungnya terdapat takuk untuk mengambil contoh lapisan tanah. Kedalaman eksplorasi terbatas.

BOR BANGKA

Sejak tahun 1885, Bor bangka mulai digunakan. Alat ini diciptakan oleh J.E. Akkeringa, seorang ahli geologi BTW. Peralatan ini berguna untuk pemboran lapisan alluvial dengan kedalaman kurang dari 40 M. Kesederhanaan dan kemampuan untuk beroprasi di medan jenis apapun mendorong popularitasnya. Hampir seluruh eksplorasi mineral berat dari lapisan tanah sekunder pada tahap tertentu menggunakan Bor Bangka.

ALLUVIAL DALAM

Memasuki abad ke 19, mulai ditemukan lapisan alluvial dalam dimana Bor Bangka sudah tidak mampu menembusnya, maka diciptakanlah berbagai modifikasi alat bor yang berbasis pada Bor Bangka.

PENGUKURAN

Kegiatan pengukuran adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan eksplorasi dan penambangan timah. Pengukuran dengan menggunakan sistem optik telah dikenal sejak tahun 1942, sedangkan pengukuran dengan sinyal radio mulai diterapkan pada tahun 1966 dalam eksplorasi di laut. Pengukuran mutakhir dengan menggunakan GPS ( Global Positioning System) mulai digunakan sejak tahun 1990.

EKSPLORASI LAUT

Eksplorasi laut diawali pada tahun 1952 sejak diciptakan ponton bor kontiki dan tahiti. Pada Tahun 1966, dibuat kapal bor pelatuk yang dilengkapi dengan alat bor yang sanggup menegbor hingga kedalaman 78 meter dan dilengkapi dengan alat geofisik laut sparker.

Beberapa jenis ponton bor yang dikenal kemudian diantaranya adalah elevated drilling ring KB Bintang, drilling barge belibis dan drilling barge yang dilengkapi dengan seismic geomin.

PENAMBANGAN TIMAH DI DARAT.

Penambangan Timah pada awalnya sangat bergantung pada tenaga manusia dengan peralatan sederhana. Penambangan modren diawali sejak digunakannay mesin uap pada pertengahan abad ke 19

PENAMBANGAN MEMASUKI MASA MODERN

di awal tahun 1850-an, penambang mencoba menggunakan alat mesin gali untuk mengganti tenaga kuli sebagai penggali tanah. Mulanya dicoba digunakan eksavatr seperti pada penambangan batubara di Sumatera, tetapi menemui kegagalan. untuk penggalian di sungai pada awalnya dicobakan Edax.

Pada pertengahan abad ke 19, penambangan mulai menggunakan mesin uap. Kuda dan kereta dorong mulai digantikan oleh kereta api pada tahun 1885 dan mobil pada tahun 1910

PENAMBANGAN MODERN

Tambang dalam dan open pit

Tambang primer adalah tambang pada deposit timah primer. dilakukan dengan dua pilihan tergantung p0ada kondisi batuannya, seperti: sistem Underground ( tambang dalam ) dan Open Pit ( tambang terbuka).

Tambang primer bangka belitung yang menggunakan sistem open pit terletak di Merawang ( 1920), Pemali ( 1952-1985_ dan kelapa kampit bagian utara. tambang yang menggunakan siostem undreground berlokasi di kelapa kampit, belitung.

Monitor ( Mesin Semprot )

Monitor, juga dinamai meriam air atau water gun, adalah alat penting dalam memisahkan butir-butir timah dari unsur pengikatnya, seperti tanah liat, kaolin dan unsur lain yang menyertainya, ada tiga macam monitor berdasarkan daya tekan 200 psi, 400 psi dan 600 psi.

PENAMBANGAN TIMAH LEPAS PANTAI DEGAN KAPAL KERUK

Penambangan Timah di lepas pantai Indonesia dengan menggunakan kapal keruk dimulai tahun 1910 di pantai Dabo Singkep. Kapal pertama yang digunakan adalah kapal keruk Dabo dengan kedalaman gali 12 M dengan kapasitas mangkok 7 cu-ft.

Sepanjang abad ke 20, sebanyak 42 kapal keruk penggali timah dengan berbagai ukuran telah beroperasi di daerah ini.

Pada Awal abad ke 21, teknologi kapal keruk sudah berkembang jauh. PT. Timah kini menggunakan dan mengoperasikan kapal keruk Kundur 1 dengan kapasitas mangkok 30 cu-ft dan kedalaman gali 50 m. dengan semboyan ” Go Offshore go Deeper” PT. Timah mengembangkan kapal keruk teknologi baru. ” Bucket Wheel Dredge” yang menggunakan pendekatan teknis cutter suction.

MUSEUM TIMAH INDONESIA

Info lengkap bisa berkunjung ke Museum Timah Indonesia yang didirikan pada tahun 1958 dengan tujuan mencatat sejarah pertimahan di Bangka belitung dan memperkenalkan pada masyarakat.

Museum Timah Indonesia menempati sebuah gedung bersejarah yang awalnya adalah rumah dinas Hoodfdt Administrateur Bangka Tin Winning ( BTW). Pada masa perjuangan kemerdekaan, Bung Karno, Bung Hatta dan para pemimpin tertinggi Republik Indonesia diasingkan ke Bangka mengadakan perundingan dengan utusan PBB ( Komisi tiga Negara ) di Gedung Ini . pertemuan akhirnya mengantarkan penyerahan kedaulatan Belanda pada Republik Indonesia pada tahunj 1949.

KONTRIBUTOR :

Kontributor berita : Dody Iskandar,SH

Alamat                        : Jl. Jend. Sudirman Gg. Louhan III no 65 Pangkalpinang .

Tlp                                 : 0853.1416.2800

Email                            : diskandar_sh@yahoo.com

Website                       : http://exposenews.wordpress.com

                                         http://beritabangka.wordpress.com

3 thoughts on “SEJARAH TIMAH”

  1. The exterior is actually a solid black, that makes it difficult to observe
    all the coffee which you spilled through it in the past, and also it doesn’t really come apart, now besides the filter basket and the pot, your don’t need to worry about cleaning it.
    What Exactly Is the best consume of coffee with no
    the right coffee maker? After you take the hard
    work to pick out the best high quality of coffee beans, discover the favorite cook, and find the most wonderful mixes, you will want to uncover the coffee maker
    that will .

  2. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz respond as I’m looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. cheers

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.