Tag

, , , , , , , , , , , ,

SUCCES ENTREPRENEUR

Ukm mitra binaan PT. Jasa Raharja Sumatera Selatan

Pangkalpinang, bebalnews23.06.11

Succes entrepreneur Training 2011

Bertempat di Hotel Bumi Asih Jl. Jend. Sudirman Pangkalpinang Bangka dilangsungkan acara training dan manajerial bagi ukm dibawah binaan PT. Jasa Raharja Sumsel dimana acara ini sebagai wujud kepedulian BUMN dalam mengalokasikan sisa keuntungan  1- 3 % setelah potong pajak untuk tanggung jawab CSR ( Coorporate Soocial Responsibility ) yang disalurkan dalam bentuk soft loan bagi mitra binaan dengan suku bunga 6 % pertahun selama 3 tahun.

Peserta yang diikutkan dalam training  berjumlah 25 orang yang terdiri dari berbagai macam usaha seperti dagang, industri, kuliner dll.

Edy Sribandiantoro,SE,MM

Acara dibuka secara resmi oleh Edy Sribandiantoro,SE,MM, beliau menyampaikan bahwa terselenggaranya training ini dengan dasar :

1. Kemitraan bina usaha untuk mendorong ekonomi kerakyatan dimana BUMN sebagai soko guru ekonomi Indonesia.

2. Memilih Ukm karena hanya ukm yang masih bertahan sampai saat ini tidak terganggu dengan krisis ekonomi yang terjadi karena ukm bermodalkan kecil dan manghasilkan produk komsumsi serta bergerak di sektor informal.

3. Hambatan yang terjadi terhadap ukm adalah kemitraan kerjasama, pengetahuan teknologi dan informasi, permodalan, sarana dan prasarana serta pembinaan berkelanjutan dari instansi terkait.

Dana yang bergulir berupa pinjaman modal pada UKM adalah wajib dikembalikan karena dengan pengembalian yang teratur maka ukm lain yang membutuhkan akan dapat merasakan manfaatnya “tambah Edy”.

Perubahan mental pada masyarakat bahwa dana CSR itu boleh dikembalikan atau tidak sebaiknya diberikan informasi yang akurat pada masyarakat bahwa dana tersebut WAJIB dikembalikan untuk guliran yang memerlukan selanjutnya.

Ir.Iha Haryani H,SE,MM

Selain Edy juga sebagai pembicara yaitu Ir. Iha Haryani H,SE,MM dari LPPM Universitas Pancasila mengangkat wawasan kewirausahaan yang sekarang ada dan bagaimana mengenal kepribadian dalam berwirausaha.

Untuk wawasan tentang penjualan dan layanan materi diberikan oleh Dr. Tabrani,Mba dimana layanan yang ada harus prima dan mengungkapkan bagaimana cara sukses melakukan penjualan sampai pada bagaimana memimpin sutau bidang usaha.

Keuangan dan mengelola keuangan juga sangat penting dalam menunjang majunya wirausaha sehingga perlu disampaikan secara terperinci oleh Mulyadi,SE,MM yang mengupas bagaimana melakukan pencatatan keuangan sampai pada bagaimana menyusun laporan keuangan .

Sebagai ketua pelaksana acara adalah bapak M. Guntur ( kepala jasa raharja Bangka Belitung ) yang memberikan laporan pertanggung jawaban serta maksud dan tujuan diadakannya acara.

Kontributor : Dody Iskandar.