SEBAGAI mahkota, rambut selalu menjadi pusat perhatian wanita. Sehingga, penampilannya harus didukung dengan potongan yang sesuai. Sayangnya, tidak banyak wanita yang menyadari hal tersebut.

Banyak di antara mereka hanya memotong rambut berdasarkan potongan rambut yang sedang menjadi tren. Padahal, belum tentu cocok dengan karakter wajah kaum hawa.

Menjawab kebutuhan perlunya potongan rambut yang sempurna, maestro rambut Indonesia Rudy Hadisuwarno menegaskan, kondisi rambut yang sehat juga memberi pengaruh yang besar.

“Untuk memiliki rambut yang tertata sempurna tidak hanya dilihat dari guntingannya saja, tetapi juga dari kondisi rambut yang sehat,” jelasnya dalam workshop “Perfect Hair Cut for Perfect Looks” yang berlangsung di Cendrawasih Room III, Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (28/9/2010).

“Jelas ini sangat memengaruhi. Karena digunting seperti apapun dan siapa pun yang mengguntingnya, maka hasilnya tidak akan terlihat bagus. Namun kalau rambut Anda sehat, maka hal ini bisa membuat potongan rambut Anda terlihat bagus,” sambungnya.

Pengusaha salon sekaligus konsultan rambut di lifestyle.okezone.com ini juga percaya bila setiap orang memiliki potongan terbaik. Potongan yang sempurna itu mampu membuat wajah terlihat lebih menarik dan menonjol. Lalu bagaimana mencari guntingan yang tepat?

“Untuk tampil sempurna, dilihat berdasarkan tulang dan karakternya. Karena setiap orang memiliki potongan rambut terbaik, dan guntingan tersebut yang harus dicari. Kalau mereka sudah menemukannya, maka akan merasa sangat nyaman. Sehingga antara karakter dan gaya rambutnya akan seimbang. Namun sebelum memotong rambut, pertama-tama kita harus memerhatikan kondisi rambut dan model potongan yang akan dibuat,” tambahnya lagi.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami masalah rambut rontok, Anda bisa mencoba saran dari Rudy. Yaitu menggunakan hair mask untuk merawat kesehatan batang rambut dan menjaganya agar tetap kokoh.

“Rambut sehat adalah hal yang utama. Untuk perawatan batang rambut, Anda bisa dengan menggunakan hair mask, ini sangat bermanfaat untuk merawat kesehatannya. Dengan menggunakan hair mask, ini bisa membuat batang rambut tidak mudah patah karena proses kimia. Namun bila rambut Anda masih virgin (belum pernah diwarnai), saran terbaik adalah tidak perlu terlalu sering menggunakannya,” tandasnya.