SEPATU bot dengan hak tinggi jadi pilihan gaya paling populer saat ini. Stella McCartney, Madonna, Taylor Swift, Selena Gomez, Kim Kardashian, dan Nicole Kidman menjadi penggemar sepatu bot untuk tampil memesona.

Sepatu bot identik dengan koboi yang ada di Texas, Amerika. Ya, karena dari sejarahnya, sepatu ini memang berasal dari sana. Namun, bukan hanya koboi yang memakainya, juga para pekerja kasar seperti pekerja tambang, kilang minyak, kuli bangunan, dan tukang las jalanan di Amerika. Saat ini sepatu bot juga dipakai bikers dan pembalap. Lantaran itu, pemakainya mayoritas kaum pria.

Seiring kemajuan zaman, tren sepatu bot mengalami perkembangan pesat. Dimulai dari desain sepatu bot khusus wanita hingga ragam modifikasi yang dibuat oleh para desainer sepatu. Dari dulunya sepatu bot hanya dipakai para pria, kini justru wanita yang lebih banyak memakainya. Apalagi kalau bukan pengaruh industri mode di dunia.

Bentuk sepatu bot yang mampu menutupi hampir seluruh bagian kaki hingga bawah lutut sebenarnya agak membuat si pemakai merasa kurang nyaman dan kurang leluasa bergerak. Belum lagi, rasa gerah dan lembap yang kadang tak bisadihindari. Namun, jika dilihat dari kacamata mode, jenis alas kaki model ini bisa menambah nilai seni dan membuat si pemakai tampak lebih tinggi.

“Sepatu bot mampu menampilkan kesan yang berbeda, terutama jika wanita yang memakainya. Bot membuat wanita tampakanggun, seksi, dan menggemaskan,” ujar Jimmy Choo, seperti dilansir Dailymail.

“Itu (sepatu bot) juga bisa membuat mata lelaki terbelalak takjub saat menatapnya,” lanjut Choo.

Di dataran Amerika, Eropa, dan sebagian Asia, sepatu bot biasanya dipakai pada saat musim semi dan gugur, kadang juga kala musim dingin. Padu padan yang paling pas adalah dengan berbagai bentuk jins. Boleh dengan “skinny” jeansyang dikombinasikan dengan atasan kemeja, blus, juga tank-top. Alternatif lain bisa dipadu dengan legging warna gelap.

Model sepatu bot sangat banyak, tapi hanya ada tiga yang spesifik, yakni high boots, ankle suede boots, dan knee length boots. High boots atau dikenal juga dengan sebutan hi boots adalah sepatu bot yang memanjang hingga batas betis atau sedikit lebih panjang di atas mata kaki. Sepatu ini umumnya bertali dan terbuat dari bahan kulit.

Sementara, angkle suede boots adalah sepatu bot yang panjangnya sedikit di atas mata kaki, kebanyakan tidak memiliki hak. Sepatu jenis ini yang paling nyaman dikenakan dalam beraktivitas keseharian karena simpel dan sederhana. Sesuai dengan namanya, bahan pembuat sepatu ini adalah suede atau sejenis dengan kulit halus yang berwarna tanah.

Selanjutnya, knee length boots adalah sepatu bot yang paling terkenal karena panjangnya hampir mengenai batas lutut. Sepatu ini juga menjadi favorit, apalagi pernah pula dikenakan Kim Kardashian dan Nicole Kidman. Material sepatu bot kini juga sudah bervariasi. Ada yang diberi aksen kristal swarovski, seperti koleksi terbaru Jimmy Choo. Ada juga yang memadukannya dengan gaya sepatu stilletto milik desainer sepatu asal London, Bora Aksu, Prada, atau Beyond Skin.