Pangkalpinang- Sebanyak 29 Peserta mengikuti seminar Konsinyasi profil dan dokumen perencanaan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman, kamis ( 20/10/2011) di ruang pertemuan Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang.

Kegiataan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Sekretariat daerah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, rencananya diadakan selama dua hari terhitung mulai tanggal 20 hingga 21 oktober 2011.

Syamsummi Saleh Asisten II Setda Provinsi Kepulauan bangka Belitung, saat membuka kegiataan seminar secara resmi, menjelaskan undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, diamanatkan bahwa pemerintah atau pemerintah daerah wajib memberikan kemudahan pembangunan dan perolehan rumah khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dikatakannya, kementrian perumahan rakyat (Kemenpera) merasa perlu memfasilitasi pemerintah daerah untuk melaksanakan penyusunan dokumen perncanaan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman melalui dekonsentrasi lingkup kementerian Kemenpera di Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

“tujuan dari dokumen perencanaan ini adalah menjabarkan sasaran dan kebijakan daerah dalam pemenuhan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman (PKP) sehingga berlangsung secara sistematis, sinergi, terintegrasi dan berkelanjutan”.jelasnya.

Ia mengharapkan dengan adanya konsiyasi profil, diharapkan dapat tersusunnya dokumen dan kelompok kerja dalam penyempurnaan dokumen perencanaan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman sesuai dengan kaidah-kaidah perencanaan pembangunan.

Para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, keluaran dari kegiataan ini dapat digunakan untuk mendukung realisasi pelaksanaan pembangunan bidang PKP di Provinsi kepulauan Bangka Belitung secara efektif dan efisien.

“sehingga dokumen perencanaan yang disusun nantinya dapat menjadi dasar pemerintah Provinsi dalam mengambil keputusan khususnya bidang pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di kabupaten/kota, dalam rangka pelaksanaan pencapaian percepatan sasaran pembangunan perumahan dan kawasan permukiman”, harapnya.

Tampak hadir pada acara pembukaan seminar, Deputi bidang Pembiayaan Menpera Eko Supartono, Imran Razi Kepala Biro Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Cholil Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Para peserta seminar.