Tag

, , , ,

Hari H Pemungutan Suara Pilgub 2012 Diliburkan

Pangkalpinang – Kementerian Dalam Negeri RI telah menetapkan hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis 23 Februari 2012 sebagai hari yang diliburkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270-76 tahun 2012, tanggal 17 Februari 2012 tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

H KA Tajuddin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, keputusan Mendagri tersebut didasarkan atas pertimbangan Pasal 86 ayat (3) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, dan Pasal 70 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dan penjelasan Pasal 70 ayat (3) PP No 17 tahun 2005 tentang Perubahan Atas PP No 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan PP No 49 tahun 2008, antara lain menyatakan bahwa, pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

“Selain itu, penetapan Kepmendagri di atas, juga berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung No 22/Kpts/KPU-Prov-009/Tahun 2011 tanggal 13 September 2011 tentang Perubahan Surat Keputusan KPU No 01 tahun 2011 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Waktu Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tahun 2012, dan telah menetapkan bahwa hari Kamis tanggal 23 Februari 2012 sebagai hari dan tanggal penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,” kata Kadis Kominfo, Senin 20 Februari 2012.

Jadi berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud, jelasnya, ditetapkanlah Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari kamis, tanggal 23 februari 2012 sebagai hari yang diliburkan di Bangka Belitung. Penetapan hari H pemungutan suara pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sebagai hari yang diliburkan tersebut, tidak lain dimaksudkan guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.

“Di dalam Keputusan Mendagri tersebut memang secara eksplisit tidak disinggung menyangkut instansi pelayanan publik seperti rumah sakit. Akan tetapi kita harapkan penanggung jawab layanan kesehatan masyarakat tersebut dapat mengatur jadwal kerjanya sedemikian rupa, sehingga pelayanan kesehatan tetap berjalan dan hak suara pegawainya juga tetap dapat disalurkan,” ungkapnya.(tim media center)

Sumber :http://www.babelprov.go.id