Tag

, , , , , , ,

Rahasia Minyak Zaitun bagi kecantikan anda…

Minyak Zaitun yang berkhasiat untuk kecantikan anda

Berbagai rahasia alam bisa membantu menjaga kecantikan kulit. Salah satunya minyak zaitun yang mengandung asam lemak baik dan antioksidan yang tinggi.

Kematian Whitney Houston sedikit membuka kembali ingatan tentang minyak zaitun dan selebritas. Foto yang dilansir berbagai media menunjukkan sebuah wadah minyak zaitun terdapat di samping bak mandi tempat diva tersebut ditemukan tak bernyawa.

Whitney memang salah satu selebritas yang percaya akan manfaat minyak zaitun. Dia selalu menggunakan beberapa tetes minyak zaitun saat berendam dalam bath tub untuk membuat kulitnya tetap lembut dan sehat.

Minyak zaitun, yang berasal dari negara Mediterania, memang memiliki banyak manfaat. Di pasaran terdapat berbagai jenis minyak zaitun botolan yang umum digunakan untuk memasak seperti extra virgin, virgin, pure, dan extra light. Minyak zaitun extra virgin dianggap memiliki manfaat paling baik karena merupakan hasil dari pemerasan yang pertama sehingga hasilnya lebih murni.

Wajah
Untuk membuat wajah lebih lembut dan cerah, minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker. Usapkan minyak zaitun pada wajah. Hati-hati jangan sampai mengenai bagian mata. Diamkan 10 menit lalu cuci dengan air bersih. Ritual ini dipercaya sebagai masker alami anti penuaan kulit. Sophia Loren, merupakan salah satu bintang Hollywood yang melakukan kebiasaan ini. Terbukti di usianya yang senja, kulitnya masih terlihat menawan.

Tangan dan kuku
Julia Roberts mengungkapkan rahasia tangan indahnya. Dia kerap mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangannya 1 minggu sekali. Bintang “Pretty Woman” tersebut percaya, kebiasaan ini membuat kulit tangan dan sekitar kukunya lembut.

Kaki
Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Pagi harinya, efek minyak zaitun pada kulit sudah mulai terasa. Terapi ini juga bisa dilakukan pada tangan. Lakukan secara rutin selama satu bulan dan lihat hasilnya.

Tubuh
Mencampur minyak zaitun dengan garam kasar juga bisa dilakukan untuk menciptakan scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah. Gwyneth Paltrow merupakan salah satu bintang yang menjaga kesehatan kulit dengan cara ini.

Rambut
Meneteskan minyak zaitun usai keramas juga bisa membuat rambut sehat dan cerah. Teteskan minyak zaitun secukupnya usai keramas. Bungkus rambut dengan handuk selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih. Perlu diingat, metode ini hanya cocok bagi yang memiliki rambut kering.

Meminum minyak zaitun

Scott-Vincent Borba penasihat kesehatan kulit selebritas Hollywood mengungkapkan rahasia kulit indah kliennya. Borba sering menangani terapi kulit selebritas menjelang tampil di karpet merah. Salah satu hal yang selalu diminta Borba seminggu sebelum tampil di karpet merah adalah, meminum satu sendok makan minyak zaitun setiap hari.

Meminum minyak zaitun satu sendok makan pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan lainnya memang bukan ritual yang aneh. Banyak orang melakukannya untuk membantu menurunkan kolesterol, mencegah risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan kulit.

Jennifer Lopez tak pernah lupa mencampur saladnya dengan minyak zaitun. Ia percaya kebiasaan tersebut bisa membantunya melawan selulit tubuh.

Rahasia suara indah Selena Gomez ternyata juga berasal dari minyak zaitun. Ia meminum satu sendok minyak zaitun sebelum tampil agar aksinya lebih sempurna.

Tapi perlu diingat, manfaat minyak zaitun tentu tidak sama bagi semua orang. Untuk yang memiliki wajah sangat berminyak dan rentan jerawat sebaiknya hindari pemakaian minyak zaitun secara langsung pada kulit. Tambahan minyak pada kulit yang sudah berminyak bisa jadi malah membawa bencana, bukan manfaat.

Untuk hasil yang terbaik, selalu simpan minyak zaitun dalam suhu kamar dan ruangan yang gelap. Panas, cahaya, dan udara bisa mempengaruhi kandungan alami bermanfaat di dalam minyak zaitun. Setelah dibuka dan berkontak dengan udara, khasiat minyak zaitun bisa semakin berkurang. Sebaiknya gunakan dalam waktu 6-12 bulan setelah dibuka.

Kandungan dalam minyak zaitun adalah :

Banyak orang yang tidak mengetahui fungsi dari minyak zaitun ini. Percayakah anda kalau minyak ini mempunyai segudang manfaat yang terkandung didalamnya. Daunnya hijau terang dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman serta amat kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi.

Oleh sebab itu makannya zaitun mempunyai segudang manfaat. Masih ada lagi kandungan yang terdapat dalam zaitun ini. Seperti :

– Meningkatkan metabolisme
Makan 1/2 cup buah zaitun setiap hari dapat mencegah kegemukan. Khasiat ini berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang dapat mempercepat pembakaran lemak dan mencegah perubahan gula menjadi lemak. Selain itu, dalam British Journal of Nutrition dikatakan, asam lemak tak jenuh tunggal menstimulir cholecystokini, sejenis hormon penekan nafsu makan yang mengirim sinyal kenyang ke otak.

– Merevitalisasi sistem imun
Zaitun kaya dengan vitamin E larut lemak, yang melindungi sel-sel dari radikal-radikal bebas yang berbahaya. Antioksidan ini menguatkan sistem imun, mengurangi penyakit seperti pilek dan flu sampai 30%, begitu menurut para periset di Tufts University di Boston. Minyak zaitun amat membantu mengurangi risiko barah payudara kerana ia kaya dengan Vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak zaitun didapati dapat merendahkan kolestrol LDL(kolestrol jahat), tekanan darah, dan risiko koronori jantung.

– Menghaluskan Kulit
Makan buah zaitun yang merupakan sumber terkaya oleic acid, membantu mengurangi tampilan garis-garis halus. Asam lemak ini dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastin kulit dari kerusakan. Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.

– Meningkatkan sirkulasi darah
Zaitun adalah sumber istimewa dari polyphenols, senyawa antioksidan yang membantu mencegah penggumpalan darah yang berbahaya. Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology mengaitkan senyawa ini dengan peningkatan kadar nitric oxide, molekul jantung sehat yang meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah.

Jika senang mengonsumsi makanan di daerah Laut Mediterania, tentu tak asing lagi dengan buah zaitun yang kerap dicampurkan di dalam menunya. Rasanya yang asam memberi reaksi yang kontras bagi yang mengudapnya: sangat senang atau tidak senang sama sekali.

Buah zaitun ini pun diolah dalam berbagai bentuk, ada yang dikeringkan, dijadikan acar atau diperas untuk diambil minyaknya, yang kemudian dicampurkan ke dalam menu makanan sehingga memiliki rasa yang khas, Namun, bukan hanya sebagai penyedap rasa saja, minyak zaitun selama beribu-ribu tahun juga terbukti menjadi salah satu rahasia merawat tubuh.

Sumber : berbagai sumber.