Tag

,

Presiden Republik Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri direncanakan akan meresmikan Monumen Bung Karno di Air Anyir, Bangka, pada Sabtu (24/11).

“Ibu Mega telah bersedia untuk meresmikan Monumen Bung Karno pada Sabtu mendatang, mudah-mudahan kalau tidak ada halangan kita semua bisa menyaksikannya,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin, di Pangkalpinang, Selasa.

Peresmian monumen tersebut, kata Tajuddin, sebelumnya direncanakan akan bersamaan dengan peresmian Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bung Karno.

“Tapi sayangnya Ibu Menteri Kesehatan, Dr Nafsiah Mboi, berhalangan hadir pada hari tersebut karena harus menghadiri seminar penting,” kata Tajuddin.

Oleh sebab itu, peresmian RSUP Bung Karno terpaksa ditunda.

Monumen Bung Karno dibangun di depan RSUP Bung Karno di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Patung Bung Karno setinggi 14 meter tersebut tampak gagah menunjuk ke arah Pantai Air Anyir di depan kompleks rumah sakit.

“Setelah peresmiannya, saya yakin rumah sakit tersebut akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Bangka Belitung karena fasilitasnya yang lengkap menyamai rumah sakit di ibu kota dan juga pemandangan pantai yang ditawarkannya,” kata Tajuddin.

RSUP Bung Karno, kata Tajuddin, dinamakan demikian karena mengingat jasa Sang Proklamator dan hubungan historisnya dengan Kepulauan Bangka Belitung di mana “Putra Sang Fajar” tersebut pernah diasingkan oleh Belanda saat masa revolusi di Bangka.

Sumber : Anatara