Tag

, , , , , , , , , , , , ,

INFORMASI SEPUTAR PULAU KUNDUR

Indonesia memang sangat luas dan kaya akan kepulauan sehingga begitu banyaknya tersebar dari Timur sampai ke barat. Pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan Pulau Kundur.

Dari Batam kita melakukan perjalanan dengan kapal fery cepat bisa dari Sekupang ataupun dari Harbour Bay untuk sampai di Tanjung balai karimun dengan tarif 65000 sampai 70000 kita sudah sampai di Tanjung Balai karimun. Untuk sarana penginapan di Tanjung Balai sangatlah lengkap dari kelas melati sampai bintang sehingga tidak usah takut akan penginapan serta setiap malam adanya pasar malam yang lengkap mulai dari fashion sampai ke jajanan kuliner khas Tanjung Balai karimun.

Kapal Isap Produksi

Kapal Isap Produksi

Pulau Kundur adalah salah satu pulau kecil yang berada dekat dengan Pulau Tanjung Balai Karimun sekitar 20 menit kita memaiki perahu sebagai alat transportasi antar pulau disana karena belum adanya jembatan antar pulau sehingga alat transportasi laut menjadi sangat diandalkan di sana.

100_9628

Pompong adalah sebutan untuk alat transportasi antar pulau disana dimana berbentuk perahu yang muat antara 20-30 orang terbuat dari fiber glass dengan tarif 25.000 saja kita sudah bisa sampai di Pulau Kundur.Untuk alternatif para pecinta kuliner bisa singgah di Tanjung batu sebagai tempat makan aneka masakan hasil laut yang sangat menggugah selera makan.

Kundur memilki kekayaan alam berupa tambang timah yang terdapat di laut sekitar pulau sehingga tidak heran banyak sekali kapal isap dan kapal keruk yang beroperasi disana.

Diantara Tanjung Balai Karimun dan Kundur ada Pulau Tulang. kenapa disebut pulau Tulang ?karena disini banyak terdapat bebatuan alam yang besar dan tersusun rapi berwarna putih seperti tulang sehingga masyarakat menyebutnya dengan pulau tulang.

Hal lain yang menarik adalah dimana perairan disini mengenal 2 kali pasang dan 2 kali surut dikarenakan lautnya berbatasan dengan garis khatulistiwa dan bertemunya antara dua laut besar.

100_9631

Di Pulau Kundur kita akan temukan PT Tambang Timah selaku anak perusahaan dari PT Timah (persero) Tbk yang melakukan eksplorasi timah di laut dan memproduksinya melalui smelter yang ada di pulau Kundur.

Smelter adalah tempat peleburan dari pasir dan lumpur yang diambil / diisap dari lautan menjadi bijih timah dan kemudian diproses lagi untuk dijadikan Timah Batangan.

Kundur menjadi alternatif bagi para petualang untuk menjajal alamnya yang masih perawan dan memikat hati .

Kontributor : Dody Iskandar