POTENSI SUMSEL

SUMATERA SELATAN KAYA AKAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam khusunya potensi energy primer yang terdapat di Wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya penanaman modal untuk meningkatkan perekonomian daerah. Hal ini didukung oleh posisi strategis antara pulau jawa dan singapura/ Malaysia.

Potensi yang ada seperti minyak bumi, gas bumi , batubara dan panas bumi tersebar dan berlimpah menyebabkan industry di bidang ini tersebar di Sumatera Selatan.

Potensi sumber daya alam tersebut diantaranya :

  • Minyak Bumi

Potensi Minyak Bumi di Sumatera selatan mempunyai cadangan 5.034.082 MSTB Produksi ekploitasi pertamina dan mitranya rata rata baru 3.718.720 barrel perhari.

  • Gas Alam

 

Cadangan gas alam yang ditemukan di kabupaten Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir mencapai 7.238 BSCF. Produksi ekploitasi 4 tahun terakhir baru rata-rata 2.247.124 MMSCF. Gas alam ini dapat dijadikan bahan pembangkit tenaga listik, produk plastik dan pupuk.

  • Batubara

Cadangan batubara di Sumatera Selatan 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg.
Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. ;Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali.

  • Pembangkit Lenaga Listrik

Daya tampung saat ini 411,975 KW. Saat ini PLN masih defisit ;lebih kurang ;90 Mega Watts. Kebutuhan setiap tahun meningkat. Diprediksi tahu 2012 defisit PLN di Sumatera Selatan akan mencapai 291,91 Mega Watts.

Kontributor : Dody Iskandar SH

Iklan